Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

Sahabat Nabi yang di jamin masuk surga

Dari sekian banyak sahabat Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم ada beberapa nama yang tercatat dalam hadist sebagai pneghuni surga di mana hidupnya di jamin oleh Allah Swt akan menjadi penghuni surga sebagai mana dalam hadis shaih berikut ini

“Dari Abdurrahman bin ‘Auf, dia berkata: Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: Abu Bakr di surga, Umar di surga, Utsman di surga, Ali di surga, Thalhah di surga, Az Zubair di surga, Abdurrahman bin ‘Auf di surga, Sa’d di surga, Sa’id di surga, dan Abu Ubaidah ibnul Jarrah di surga.” [HR At Tirmidzi (3747), hadits shahih.]

Mengapa mereka di jamin masuk surga? yah karena jasa jasa merekalah islam bisa berdiri dan menyebar luas ke seantero dunia Berjuang bersama Nabi Muhamad صلى الله عليه وسلم dengan Ijin Allah Swt hingga sekarang ini

adapun rincian nama nama mereka adalah sebagai berikut

Sahabat Nabi yang di jamin masuk surga

1. Abu Bakar as sidiq ra , nama aslinya yaitu Abdullah bin Utsman At Taimi, sahabat yang paling pertama masuk islam dan menjadi khalifah pertama setelah wafat nya nabi digelari dengan Ash Shiddiq Wafat pada bulan Jumadil Awal tahun 13 H pada umur 63 tahun.

2. Umar bin khattab , yaitu ibnul Khaththab Al ‘Adawi, Abu Hafsh, digelari dengan Al Faruq. beliaulah yang menggantikan pangku ke khalifahan setelah abu bakar ra  sekaligus menjadi khalifah ke dua beliau Syahid pada bulan Dzulhijjah tahun 23 H.

3. Utsman bin Affan , yaitu bin Affan Al Umawi, Abu Abdillah, digelari dengan Dzunnurain.khalifah ke tiga yang terkenal akan kedermawannay bahkan wakapnya sampai sekarang masih ada dan di kelola oleh negara saudi beliau Syahid pada bulan Dzulhijjah setelah Idul Adha tahun 35 H dalam umur sekitar 80 tahun.

4. Al bin abu thalibi, yaitu bin Abi Thalib Al Hasyimi, Abul Hasan, digelari dengan Abu Turob. Anak paman Nabi صلى الله عليه وسلم dan suami dari anak perempuannya, yaitu Fatimah radhiallahu ‘anha. Syahid pada bulan Ramadhan tahun 40 H pada umur 63 tahun.

5. Thalhah, yaitu bin Ubaidillah At Taimi, Abu Muhammad. Digelari dengan Thalhah Al Fayyadh. Syahid pada perang Jamal tahun 36 H dalam umur 63 tahun.

6. Az Zubair, yaitu ibnul ‘Awwam Al Asadi, Abu Abdillah. Syahid pada tahun 36 H setelah pulang dari perang Jamal.

7. Sa’d, yaitu bin Abi Waqqash Az Zuhri, Abu Ishaq. Orang yang paling pertama memanah dalam perang jihad fi sabilillah. Wafat di ‘Aqiq pada tahun 55 H. Beliau adalah yang paling terakhir meninggal di antara sepuluh orang sahabat yang dijamin masuk surga.

8. Abdurrahman bin ‘Auf, Abu Muhammad Az Zuhri. Termasuk sahabat yang paling dahulu masuk Islam. Wafat pada tahun 32 H.

 

9.Sa'id bin Zaid

Sa'id bin Zaid al Adawy RA adalah salah satu sahabat Rasulullah yang memeluk Islam dimasa-masa awal. Ia memeluk Islam bersama istrinya, Fathimah binti Khattab, adik dari Umar bin Khattab. Sejak masa remajanya di masa jahiliyah, ia tidak pernah mengikuti perbuatan-perbuatan yang umumnya dilakukan oleh kaum Quraisy, seperti menyembah berhala, bermain judi, minum minuman keras, main wanita dan perbuatan nista lainnya. Sikap dan pandangan hidupnyaini ternyata diwarisi dari ayahnya, Zaid bin Amru bin Naufal..
Ia wafat dalam usia 70 tahun (51H atau 671M) dan di makamkan di Baqi' Madinah.

10. Abu 'Ubaidah bin Jarrah
 sahabat nabi yang di jamin masuk surga yang terakhir adalah Abu 'Ubaidah bin Jarrah Nama lengkapnya Amir bin Abdullah bin Jarrah Al-Fihry Al-Quraiys, namun lebih dikenal dengan Abu Ubaidah bin Jarrah. Wajahnya selalu berseri, matanya bersinar,
Rasulullah pernah memberikan pernyataan tentang Abu 'Ubaidah. "Sesungguhnya setiap umat mempunyai orang kepercayaan, dan sesungguhnya kepercayaan umat ini adalah Abu 'Ubaidah," begitu kata Rasulullah. Abu 'Ubaidah orang yang amanah dan jujur dalam berperilaku.
Abu Ubaidah masuk Islam melalui perantara Abu Bakar Ash-Shiddik pada awal kerasulan nabi Muhammad SAW. Ia beberapa kali dipercaya Rasul memimpin peperangan. Ia wafat pada tahun 18H atau 639M.

Tag(s) : #islam
Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe: